SELAMAT DATANG DI WEBSITE KELURAHAN SEPINGGAN RAYA, KAMI SIAP MELAYANI MASYARAKAT

ITK Resmikan Taman Baca di Kampung KB Seraya Adhika

Friday - 17 September 2021 - Dibaca: 1333 kali

Tidak sia-sia, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2021 di Kelurahan Sepinggan Raya, Kecamatan Balikpapan Selatan.

Dalam waktu singkat mampu melihat permasalahan terutama menyikapi rendahnya minat baca (literasi) bagi warga sekitar. Karena ada potensi meningkatkan literasi tersebut, ITK membuat taman bacaan di Rumah Data, Balai Penyuluhan KB Kota Balikpapan yang terletak di Jalan Sepinggan Baru I, RT 23 Sepinggan Raya.

Nah pada Jumat (17/9/2021), ITK bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Kantor Perpustakaan Daerah dan Arsip (Perpustakar), Penyuluh KB Kecamatan, PKB kelurahan, pengurus Kampung KB dan Rumah Data dan Tim Penggerak PKK serta Kelurahan Sepinggan Raya meresmikan Taman Bacaan Seraya Adhika.

"Kami (ITK) membuat taman bacaan di Sepinggan Raya ini karena melihat ada potensi untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama yang berkunjung ke Balai dan Kampung KB ini," kata Dosen Koordinator KKN Tematik 2021 ITK, Dwiana Novianti Tufail ST MT didampingi Destyariani Putri ST MT dan Muhammad Hadid ST MT kepada media ini, Jumat (17/9/2021).

Dwiana menjelaskan, adanya Taman Bacaan Seraya Adhika tidak lepas dari kerja sama dengan Rumah Data Seraya Adhika, DP3AKB dan Perpustakar yang sangat mensupport upaya peningkatan literasi di tengah masyarakat. Dukungan tersebut terkhusus pada sumber literasi yakni ketersediaan buku bacaan.

"Ya kami harapkan dengan adanya taman bacaan ini bisa memberikan penambah ilmu pengetahuan secara luas, bukan hanya untuk anak-anak dan remaja. Tetapi untuk semua kalangan," ungkap Dwiana.

Sementara itu, Penyuluh KB Nurhayani mewakili DP3AKB mengucapkan banyak terima kasih kepada ITK yang mempercayakan Kampung KB Seraya Adhika untuk penempatan taman bacaan.

"Terima kasih ITK. Adanya taman bacaan ini jelas sangat positif untuk meningkatkan literasi dan juga melengkapi fasilitas pelayanan yang sudah ada di Kampung KB yaitu PPKS (Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera) Ceria Kota Balikpapan yang didalamnya juga ada konseling keluarga," ucap Nurhayani.

Wanita berhijab menyebut literasi sangat penting ditingkatkan. Kenapa? Karena di Indonesia, tingkat literasi berada di urutan 60 dari 61 negara yang disurvei. Jika dilakukan perbandingan, hanya satu dari seribu orang yang berminat untuk membaca.

"Nah taman bacaan ini efektif mengajak masyarakat sejak dini untuk gemar membaca, baik literasi dari buku maupun digital," singkatnya.

Di tempat yang sama, Lurah Sepinggan Raya yang diwakili Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Rahmadani Effendi juga mengapresiasi ITK atas lunching taman bacaan di Kampung KB Seraya Adhika.

"Balai Penyuluhan KB ini dibangun 2017. Dengan adanya taman bacaan ini, jelas semakin menunjang dan melengkapi fasilitas pelayanan yang sudah di Balai KB," sambung Rahmadani.

Dalam peresmian Taman Bacaan Seraya Adhika, Dosen Koordinator ITK didampingi Kasi Pencatatan dan Pelaporan Sistem Informasi Keluarga DP3AKB Suyanto, Kabid Arsip Kartini, Koordinator PKB Kecamatan Balikpapan Selatan Eny Sri Widayati, seluruh PKB se-kecamatan, Ketua Kampung KB Taharuddin, Ketua Rumah Data Tadjuddin, Ketua RT 23 Rusli dan kader Tim Penggerak PKK Kelurahan Sepinggan Raya. (lie)

Sumber: https://kaltimkita.com/detailpost/tingkatkan-literasi-itk-resmikan-taman-baca-di-kampung-kb-seraya-adhika


interactive google map for website